Thursday, February 28, 2013

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pramugari

Bila anda bepergian dengan pesawat terbang dan beranggapan bahwa Pramugari di pesawat dapat melakukan tugas-tugas yang menurut anda bisa dilakukan, namun ternyata Pramugari tersebut menolaknya atau menawarkan alternative tindakan lainnya, artinya bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh pramugari. Hal-hal tersebut berkaitan dengan hukum international penerbangan.
Apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh Pramugari di pesawat terbang? Inilah hal-hal yang patut anda ketahui agar anda dapat memahami bahwa ada aturan penerbangan yang harus diterapkan
1. MEMINDAHKAN TEMPAT DUDUK PENUMPANG
Banyak penumpang yang beranggapan bahwa ketika tempat duduk mereka terpisah dan dapat meminta pramugari untuk memindahkan tempat duduk agar dapat duduk bersama di pesawat.
Hal tersebut tidak boleh dilakukan oleh pramugari. Seorang pramugari tidak boleh memindahkan tempat duduk penumpang dari tempat duduk yang tertera di boarding pass, kecuali antar penumpang menyetujuinya dan pramugari hanya menjadi ‘media’ pertukaran tersebut. Atau perpindahan tersebut dikarenakan alasan keselamatan penerbangan.
Kasus-kasus kematian di pesawat atau pembunuhan berencana yang terjadi di pesawat membuat adanya peraturan ini.
2. MEMBUAT SUSU FORMULA UNTUK BAYI
Penumpang biasanya meminta pramugari mengisikan botol susu anaknya, namun pramugari meminta penumpang tersebut untuk mengikuti ke dapur dan meminta penumpang mengisi air hangat dari ‘jug’ di dapur sendiri.
Pramugari tidak boleh mengisikan air hangat ke dalam botol susu yang diberikan penumpang tanpa penumpang tersebut melihat secara langsung air yang diisikan ke dalam botol. Hal ini dilakukan untuk menghindari tuntutan-tuntutan yang disengaja maupun tidak dari penumpang yang menyatakan bahwa anaknya muntah-muntah setelah diberi air untuk campuran susu oleh pramugari.
3. MEMBERIKAN OBAT PRIBADI
Seringkali penumpang minta obat ( sakit kepala, sakit perut ) kepada pramugari.
Persediaan obat di beberapa maskapai penerbangan memang tidak ada, kecuali obat-obat untuk penanganan keadaan sakit darurat selama penerbangan. Setiap penerbangan memang harus membawa first aid kit dan Doctors kit, namun bukan obat-obatan general yang setiap hari digunakan.
Pramugari tidak di perbolehkan memberikan obat-obatan yang dibawa secara pribadi kepada penumpang. Peraturan ini muncul untuk menghindari tuntutan bahwa sakitnya menjadi semakin parah atau bahkan kematian setelah meminum obat yang diberikan oleh pramugari.
4. MEMBERIKAN MAKANAN PRIBADI
Banyak penumpang yang tidak bisa memakan makanan yang tersedia di pesawat, dikarenakan mereka tidak tahu bahwa bisa memesan makanan kesehatan atau special permintaan. Beberapa penumpang diberikan makanan pribadi dari pramugari berupa snack atau roti atau bahkan nasi beserta lauknya.
Seperti pemberian obat pribadi, pramugari tidak boleh memberikan makanan pribadi kepada penumpang untuk menghindari tuntutan kejadian buruk yang dialami penumpang setelah memakan makanan tersebut.
5. PENUMPANG MINTA MENGUNJUNGI RUANG PILOT UNTUK FOTO
Banyak penumpang yang minta kepada pramgurai untuk mengantarkan dirinya foto di ruang pilot.
Pramugari tidak boleh mengantarkan penumpang untuk masuk ke ruang pilot. Peraturan ini ada setelah semakin banyak pembajakan pesawat dan masuknya teroris dalam jalur-jalur penerbangan.
Dengan mengetahui bahwa ada alasan peraturan keselamatan penerbangan international dalam penolakan pramugari terhadap apa yang diminta penumpang, maka penumpang juga harus memaklumi bahwa tindakan tersebut juga untuk melindungi penumpang dari hal-hal yang merugikan.

Sumber : kompasiana.com

0 comments:

Post a Comment